Event Jakarta, Indonesia - Maret 05, 2024

Bank Jago Berikan Tips Atur Keuangan ke Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Bank Jago Berikan Tips Atur Keuangan ke Mahasiswa Universitas Tarumanagara Download image

Jakarta, 5 Maret 2024 - Berkomitmen untuk terus mendorong literasi keuangan, PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan Detik Finance menggelar kegiatan edukasi keuangan “dPreneur”  di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Selasa (5/3/2024). 

Mengusung tema “Modal Uang Jajan Wishlist 2024 Jalan”, dPreneur menghadirkan Consumer Business Community Manager Bank Jago Edo Velandika dan influencer sekaligus perencana keuangan bersertifikat Nadia Harsya sebagai narasumber. Keduanya memberikan tips pengelolaan keuangan kepada sekitar 150 mahasiswa Universitas Tarumanagara. 

Nadia Harsya mengatakan, memberikan apresiasi kepada diri sendiri (self reward) merupakan hal penting bagi setiap individu, tak terkecuali mahasiswa.  Namun, idealnya self reward menjadi prioritas terakhir ketika seluruh kebutuhan telah terpenuhi. 

"Kalau bikin analogi nih, lagi lari 10 km, berhenti di water station. Self reward dianalogikan water, kita lari dulu baru akhirnya boleh dapat sesuatu. Kalau nggak ngapain tahu-tahu reward itu namanya self sabotage," ujar Nadia. 

Karena self reward memerlukan anggaran, lanjut Nadia, maka penting untuk dapat mengatur keuangan secara benar. Khususnya bagi mahasiswa, alokasi uang bulanan yang baik tak hanya dapat membantu pemenuhan kebutuhan tetapi juga keinginan. 

“Dalam mengatur keuangan ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu mengalokasikan kebutuhan prioritas seperti makan, biaya transportasi hingga keperluan kuliah dan satu lagi mengalokasikan anggaran yang tersisa secara mingguan supaya punya kontrol diri yang lebih disiplin,” kata Nadya.

Pada kesempatan yang sama, Edo Velandika mengingatkan pentingnya menabung sebagai awal yang baik dalam pengelolaan keuangan. "Menabung adalah hal nomor satu. Banyak yang bilang menabung nggak bikin kaya, apalagi kalau nggak menabung," jelasnya.

Pria yang akrab disapa dengan Dika tersebut menambahkan, pengelolaan keuangan di era digital lebih mudah karena sudah banyak aplikasi yang bisa membantu. Salah satunya adalah Aplikasi Jago, yang tak hanya berguna untuk menabung dan mendukung transaksi pembayaran tetapi juga disematkan fitur Kantong yang sangat membantu pengelolaan keuangan nasabah. 

"Di Jago, 1 akun bisa bikin sampai 40 kantong, sama dengan 40 rekening. Dengan 1 aplikasi Jago bisa 40 rekening. Artinya punya 40 tujuan keuangan itu bisa dipisahin semuanya dalam 1 aplikasi Jago, sesuai kemauan," ujar Dika.

Menurut Dika, Aplikasi Jago memiliki fitur autosave atau menabung otomatis yang waktunya bisa diatur dari 1 hingga 30 hari. "Katakanlah mau nabung Rp 300 ribu tiap bulan. Misalnya setiap tanggal 3 uangnya langsung dipisahkan, atau contoh lain untuk liburan kita bisa buat kantong liburan. Setiap tanggal yang sudah ditentukan, uangnya langsung dipisahkan ke kantong tersebut. Kalau berat bisa di-set mingguan ataupun harian," tambahnya.

Selain sharing session, acara tersebut juga diramaikan oleh sejumlah games menarik. Salah satunya bermain simulasi pengaturan keuangan lewat Jago Money Quest, sebuah inovasi permainan interaktif berbasis web besutan Bank Jago. 

Jago Money Quest menempatkan para pemainnya sebagai mahasiswa yang menghadapi berbagai situasi keuangan, yang terbagi ke dalam delapan level permainan. Game tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kesehatan finansial sehingga lebih percaya diri dalam mengelola keuangan, serta memiliki tujuan jangka panjang keuangan yang berkelanjutan.

Semua jadi Jago

Mulai hidup seutuhnya dengan keluarga dan kerabat.

Download aplikasi Jago, lalu pilih Jago atau Jago Syariah dan daftar akunnya lewat ponsel kamu

download on app store download on google play

Scan Kode QR di bawah ini dengan kamera ponselmu untuk menginstall Jago.