Event Jakarta, Indonesia - November 20, 2023

Gelar Moneyfesting, Bank Jago Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mental dan Finansial

Gelar Moneyfesting, Bank Jago Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mental dan Finansial Download image

Jakarta, 20 November 2023 - Dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan dan World Mental Health Month, Bank Jago menyelenggarakan Moneyfesting, workshop literasi keuangan yang mengajak masyarakat untuk mengatasi keresahan finansial. 

Belakangan ini, istilah “manifesting” atau manifestasi telah menjadi populer. Manifesting adalah cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat dalam memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri untuk mencapai tujuan atau mimpinya. Afirmasi positif ini semakin banyak dilakukan orang untuk melewati masalah yang sedang dihadapi, salah satunya tekanan atau kecemasan finansial. Berangkat dari trend ini, Bank Jago meluncurkan Moneyfesting. Berkolaborasi dengan pegiat sosial yang peduli terhadap kesehatan mental, Menjadi Manusia. acara ini berlangsung di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat (21/10/2023) dengan melibatkan lebih dari 70 peserta. 

Beberapa kegiatan utama di dalam workshop Moneyfesting  adalah mengajak para peserta untuk membuat jurnal keuangan (journaling), berpartisipasi dalam talk show yang dibawakan oleh certified financial planner, serta vision board creation yang dapat membantu para peserta mengetahui secara pasti mimpi atau tujuan finansial masing-masing, yang nantinya bisa dicapai dengan keahlian mengatur keuangan yang mumpuni.

“Seperti yang kita ketahui, kesehatan mental dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari bahkan kesehatan fisik dan juga hubungan kita dengan sesama. Setelah melakukan riset dengan top source di Indonesia, ditemukan bahwa banyak orang Indonesia yang mengalami stress atau kecemasan berlebih yang disebabkan oleh tekanan finansial. Karena itulah kegiatan workshop Moneyfesting ini diselenggarakan dengan tujuan membantu teman-teman semua agar lebih mindful dalam mengelola keuangan,” ujar Aprilia Rizki, Brand Communication Manager Bank Jago. 

Berkolaborasi dengan Menjadi Manusia, pegiat sosial yang aktif di berbagai platform media sosial sejak tahun 2018. Digawangi oleh Rhaka Ghanisatria, Adam Alfares Abednego, dan Levina Purnamadewi, Menjadi Manusia juga menjadi wadah untuk orang-orang yang yang ingin menceritakan keresahannya  dan mempertanyakan tujuan hidup mereka.

Menjadi Manusia juga kerap membahas tentang uang, terutama karena manusia mudah sekali terjebak dalam pemikiran bahwa mereka selalu membutuhkan uang lebih dan tidak pernah merasa cukup. Untuk mengatasi hal tersebut kuncinya adalah dengan money gratitude, yaitu mensyukuri dan menghargai berapapun uang yang kita miliki.

Perencana keuangan bersertifikasi Annisa Steviani berpendapat, fondasi utama dalam urusan keuangan adalah financial planning yang baik. “Untuk mencegah stress dari adanya tekanan finansial, financial planning adalah salah satu cara untuk mempraktikkan money gratitude. Hal ini dapat dilakukan dengan disiplin budgeting. Dengan budgeting secara teratur, kita menjaga kesehatan keuangan, memastikan semua kebutuhan dipenuhi dengan baik, termasuk kebutuhan untuk mencapai mimpi dan tujuan finansial,” jelasnya.

Topik diskusi Moneyfesting ini erat kaitannya dengan aspirasi Bank Jago, yakni memberikan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi keuangan digital yang tersedia di Aplikasi Jago. Untuk memudahkan budgeting, Aplikasi Jago menyediakan fitur Kantong (Pockets), yang memungkinkan nasabah untuk memisahkan uang ke dalam pos-pos anggaran yang berbeda sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Pos anggaran yang dimaksud adalah fitur Kantong, di mana nasabah dapat membuat hingga 40 kantong yang masing-masing memiliki nomor rekening berbeda. Dengan demikian, nasabah dapat memiliki hingga 40 rekening dalam satu aplikasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna Jago untuk mengatur dana masuk dan keluar langsung dari Kantong yang diinginkan sesuai mau setiap nasabah.

Aplikasi Jago juga dilengkapi dengan fitur Analisis Pengeluaran (Spend Analysis) untuk membantu nasabah dalam mengkategorikan pengeluaran secara otomatis. Selain itu, Aplikasi Jago juga punya fitur Rencanakan (Plan Ahead) untuk membayar tagihan secara otomatis tergantung frekuensi, waktu, serta nominalnya.

“Dengan prinsip life-centric, Bank Jago merancang fitur-fitur ini  dengan menempatkan aspek hidup sebagai prioritas utama dan keuangan sebagai prioritas selanjutnya. Melalui fitur yang ada,  Jago membantu nasabah dalam mengatasi  keresahan finansial,” pungkas April.

Semua jadi Jago

Mulai hidup seutuhnya dengan keluarga dan kerabat.

Download aplikasi Jago, lalu pilih Jago atau Jago Syariah dan daftar akunnya lewat ponsel kamu

download on app store download on google play

Scan Kode QR di bawah ini dengan kamera ponselmu untuk menginstall Jago.